Senin, 02 Februari 2009

Menjadi Pendengar yang Baik

 Dewasa ini untuk menjadi yang terbaik yang diperlukan bukan saja menjadi pembicara yang baik yang lebih penting adalah menjadi pendengar yang baik, pikirkanlah mengapa kita diberi tuhan 2 telingga dan hanya satu mulut ini dimaksudkan agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara.mendengar dan berbicara memiliki seni yang berbeda dengan berbicara nah berikut ini akan saya suguhkan kiat-kiat  mendengar:

1.Dengarkan tidak hanya dengan telinga tapi dengarkan dengan hati pikirkan yang dimaksud pembicara dan renungkan dengan cepat.
2.Jadilah pendengar yang aktif balaslah setiap perkataan yang tak dimengerti dengan pertanyaan tapi inggatlah jangan sekali-kali memotong perkataan pembicara.
3.Nyatakan perhatianmu terhadap perasaanya ini sangat penting dilakukan terutama bagi orang yang sedang curhat pada kita dan kita harus menunjukan reaksi terhadap perkataanya, bila pembicara bercerita sedih kita ikut seduh dan sebisa mungkin menghiburnya bila pembicara bercerita senang kita ikut senang intinya kita haru sebisa mungkin satu perasaan dengan pembicara.
4.Fokus pada pembicara dengarkan pembicara dengan baik dan lengkap jangan sampai melamun atau terbawa suasana sekitar.
5.Buat intisari dari pembicaraan dan ambil manfaatnya ini sangat penting agar pembicaraan menjadi bermanfaat kalau perlu catatlah.

Semoga anda dapat mengambil manfaat dan menjadi pendengar yang baik.
 

1 komentar: